Rabu, 24 November 2021

EKSPLORASI KONSEP-BERBAGI TUGAS KESIMPULAN TENTANG INKUIRI APRESIATIF

 

1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif



Apa saja yang menurut Anda menjadi informasi utama dalam bacaan dan video yang disajikan?

Informasi utama dalam bacaan dan modul yang disajikan yaitu tentang visi yang ingin dicapai serta bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Untuk dapat mewujudkan visi tersebut, kita perlu melakukan sebuah proses perubahan dengan menerapkan pendekatan atau paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) atau pendekatan yang berbasis kekuatan. Inkuiri Apresiatif dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan kolaboratif yang membawa perubahan suatu sistem atau komunitas. David Cooperrider menyatakan bahwa pendekatan IA dapat membantu mengembangkan potensi inovasi dan kreativitas serta tanpa objek dengan cara yang tidak dapat dilakukan manajemen perubahan yang biasa.      Manajemen biasa hanya menitikberatkan pada masalah yang terjadi dan apa yang salah dari proses tersebut untuk diperbaiki. Namun IA fokus pada kekuatan yang dimiliki setiap anggota dan tanpanya untuk mencapai kekuatan tertinggi. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi terhadap keberhasilan. Dalam implementasinya IA di mulai dengan menggali hal-hal positif yang dimiliki, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki. Inilah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dalam menerapkan perubahan sesuai dengan visi yang telah  impikan berdasarkan tahapan BAGJA. Tahap pertama, Buat Pertanyaan Utama  . Pada tahap ini, merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait dengan perubahan apa yang diinginkan atau diimpikan. Tahap kedua,  Ambil Pelajaran  . Pada tahapan ini, berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di sekolah dan pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif tersebut. Tahap ketiga,  Gali Mimpi  . Pada tahapan ini, dapat menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang diimpikan dan diharapkan terjadi di sekolah. Disinilah visi benar-benar dirumuskan dengan jelas. Tahap ketiga,  Jabarkan RencanaDalam tahapan ini, dapat merumuskan rencana tindakan tentang hal-hal penting apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi. Tahapan terakhir,  Atur Eksekusi  . Di bagian ini, memutuskan langkah-langkah yang akan dilakukan, siapa yang akan terlibat, bagaimana strateginya, dan aksi lainnya demi mewujudkan visi secara perlahan-lahan.

Informasi apa yang paling dapat membantu Anda dalam peran sebagai guru penggerak kelak?

Pendekatan inkuiri apresiatif Sangat membantu Peran guru Penggerak hearts penerapan Pembelajaran Yang berpusat PADA murid DENGAN memperhatikan kekuatan Yang dimiliki Oleh masing-masing murid. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA-BAHASA JAWA-KURMER-KELAS 9

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA   Mengutip jurnal Karakter dalam Preman, Antologi Cerkak Karya Tiwiek SA dan Implikasinya Te...