Jumat, 08 Januari 2021

TEKS DISKUSI -MATERI SMP KELAS 9 SEMESTER GENAP-BAHASA INDONESIA


KD. 3.9 Mengindentifikasi informasi teks diskusi berupa opini dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar 

Anak-anaku tercinta tentu kalian pernah melakukan kegiatan diskusi bersama dengan teman kalian. Baik diskusi secara formal maupun tidak. Dalam suatu kegiatan berdiskusi formal, biasanya akan menghasilkan teks diskusi. Teks diskusi ini dibuat untuk mendokumentasikan, mencatat, atau menyimpan hal-hal penting dalam suatu pertemuan ilmiah agar dapat digunakan kembali saat dibutuhkan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai apa itu teks diskusi, mari terlebih dahulu kita kenali apa itu diskusi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Diskusi merupakan pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Jadi, dapat dikatakan teks diskusi adalah bahan tertulis sebagai media untuk mencatat hal-hal penting tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah. Teks diskusi dapat muncul atas opini yang muncul dalam diskusi, seperti yang menyatakan atau yang menolak hasil diskusi.

TUJUAN DISKUSI

1. memperoleh pengertian tentang perbedaan dan pendapat.

2. Mengadakan kesepakatan.

3. Memperoleh keputusan bersama mengenai suatu masalah.

4. Belajar dari orang lain dari banyak hal.

5. Menilai pendapat orang lain.

6. Mengemukakan ide sendiri untuk diuji dan kebenarannya.

STRUKTUR TEKS DISKUSI

1. Isu

Isu adalah unsur dalam teks diskusi yang berisi gambaran atau fenomena permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan diskusi.

2. Argumen

Argumen dalam teks diskusi adalah berbagai pendapat yang ada mengenai permasalahan yang dibahas dalam diskusi. Pendapat tersebut dapat berupa opini yang menetang atau opini yang mendukung.

3. Simpulan atau saran

Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas. Hasil diskusi haruslah berisi rekomendasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Rekomendasi yang dihasilkan sebaiknya merupakan jalan tengah untuk berbagai pihak.

Terimakasih semoga bermanfaat.


3 komentar:

  1. Nama RIZAL ARIALDI
    No 26
    Kls 9B
    1.Isu
    Argumen pendukung (pro)
    Argumen penentang (kontra)
    Simpulan
    2.paragraf 1
    3.paragraf 2
    4.paragraf 3
    5.paragraf 4

    BalasHapus
  2. nama:nul falul aidin
    no:21
    kls:9B
    1.isu
    pendukung(pro)
    penentang(kontra)
    simpulan
    2.paragraf 1
    3.paragraf 2
    4.paragraf 3
    5.paragraf 4

    BalasHapus
  3. nama:SEPTIAN YUDHA SAPUTRA
    no:27
    kls:9B
    1.isu
    pendukung(pro)
    penentang(kontra)
    simpulan
    2.paragraf 1
    3.paragraf 2
    4.paragraf 3
    5.paragraf 4

    BalasHapus

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA-BAHASA JAWA-KURMER-KELAS 9

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA   Mengutip jurnal Karakter dalam Preman, Antologi Cerkak Karya Tiwiek SA dan Implikasinya Te...