Kamis, 19 Mei 2022

3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual - Pemetaan 7 Aset yang Dimiliki Sekolah

Tugas Modul 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual - Pemetaan 7 Aset yang Dimiliki Sekolah

Nur Isnaeni CGP Angkatan 4 / SMPN 3 Grabag Kab.Magelang


Dokumen Pribadi

1. MODAL MANUSIA 

A. Guru dan Kepala Sekolah 

Telah bersertifikasi dan telah menempuh pendidikan S1 dan S2.

Kepala Sekolah visioner. 

Masih muda memiliki semangat belajar  tinggi dan menguasai IT.

Aktif dalam mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek dan Lembaga lainnya seperti : Guru Penggerak, PembaTIK, Guru Belajar.

Aktif dalam organisasi dan komunitas praktisi ( MGMP,  MGBK, PGRI).

B. Murid 

Jumlah murid banyak ( 13 rombel = 382 ) dan heterogen.

Berpartisipasi aktif dalam perlombaan yang diadakan oleh lembaga, Dinas Kabupaten dan Nasional.( Cont: Juara lomba Basket tingkat Nasional)

Memiliki bakat dalam bidang seni, olahraga, dan akademik.

C. Tenaga kependidikan

Pendidikan sesuai kualifikasi.

Mampu mengelola admisnistrasi menggunakan IT. 

D. Orangtua

Mendukung program sekolah sepenuhnya.

Golongan ekonomi sedang (menengah).

E. Komite 

Mendukung sepenuhnya program sekolah dan kegiatan sekolah. 


2. MODAL SOSIAL 

Memiliki kesepakatan sekolah ( tata tertib) yang mengontrol tingkah laku guru maupun murid. 

Sekolah melakukan pembiasaan- pembiasaan positif terhadap murid ( pembacaan asmaul husna, jumat bersih, solat berjamaah, kegiatan berbagi, dll).

Komunitas praktisi sebagai wadah guru untuk saling berbagi dan memecahkan masalah  terkait pembelajaran. 

Aktif keanggotaan MGMP, MGBK, dan PGRI. 

Hubungan baik dengan pemerintah setempat dari desa hingga kecamatan ( lurah, camat, polsek, kodim, puskesmas).

Hubungan baik dengan instasi lain ( Bank, Terabit, dll).

Hubungan baik dengan komite dan alumni. 


3. MODAL FISIK 

Gedung permanen (ruang kelas, ruang guru, tata usaha, kepala sekolah, BK,OSIS, Kesiswaan, UKS)

Memiliki berbagai fasilitas laboratorium (komputer, IPA), memilki perpustakaan fisik.

Memiliki lapangan olahraga (basket, volly, sepakbola, tenis, badminton).

Memiliki toilet , kantin yang memadai. 



4. MODAL LINGKUNGAN/ ALAM.

Lahan hijau yang cukup luas dan asri.

Taman sekolah yang rapi dan indah. 

Sekolah bersih, nyaman, dan udara sejuk. 

Kebun sekolah.


5. MODAL FINANSIAL

Dana BOS 

Swadaya walimurid

Koperasi siswa.


6. MODAL POLITIK

Dinas pendidikan sebagai pengarah kebijakan sekolah.

Jajaran pemerintahan dari Kecamatan hingga Desa membantu sekolah terkait kebijakan dalam pendidikan.

Kerjasama dengan Puskesmas, Polsek, dan Koramil. 

Kerjasama dengan PLN, PDAM dan DLH.

Anggota legislatif mendukung program pendidikan. 


7. MODAL AGAMA DAN BUDAYA

Pondok Pesantren

Tradisi genduren, syawalan, saparan,

Komunitas Berbagi.( Grabag Berbagi)

Kesenian daerah (jatilan, kuda lumping, soreng dll)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA-BAHASA JAWA-KURMER-KELAS 9

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA   Mengutip jurnal Karakter dalam Preman, Antologi Cerkak Karya Tiwiek SA dan Implikasinya Te...