Selasa, 16 November 2021

KONEKSI ANTAR MATERI NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK


Assalamualaikum Wr.,Wb.

Saya merupakan guru penggerak angkatan 4 Kabupaten Magelang, pada kesempatan ini akan mencoba menambahkan koneksi antar materi nilai dan peran guru penggerak.

                                                          

1. Apa yang anda pahami mengenai nilai dan peran guru penggerak?

Guru penggerak   harus mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Dalam hal ini guru penggerak memiliki peran penting dalam menumbuhkan kemandirian tidak ber g antung pada orang lain, mampu membangun pola pikir , mampu membangun dan melaksanakan pembelajaran yang berlebihan pada murid. Guru penggerak juga harus mampu berkolaborasi dengan rekan-rekan guru lainnya dalam mewujudkan merdeka belajar. Guru penggerak merupakan guru-guru pilihan yang tergerak hati untuk ikut andil dalam kemajuan pendidikan, kemudian mau bergerak bersama, dan menggerakkan seluruh ekosistem satuan pendidikan. Selain itu, guru penggerak mampu menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan. Mereka layaknya lilin/obor perubahan di setiap  unit pendidikannya, bahkan di luar unit pendidikan yaitu masyarakat luas.

2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

Ada keterkaitan erat antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara. Dalam pemikiran filosofi KHD, hal yang paling utama   dalam pendidikan adalah menghamba pada murid atau pusat pendidikan pada murid . Kita sebagai guru harus mampu memahami apa yang diperintahkan oleh murid. Dalam menghamba di sini kita juga harus paham bahwa menjadi pendidik merupakan panggilan jiwa. KHD  mengibaratkan pendidik layaknya seperti petani yang merawat tanaman, dalam merawat di perintah ketlatenan dan kesabaran serta tanggung jawab. Karena jika kita abai tentu hasil yang didapat tidak bisa maksimal. Dengan kata lain, kita harus memahami  bahwa pendidikan sangat dipengaruhi oleh perlakuan guru mereka terhadap murid.Kita harus memperlakukan murid sesuai kodratnya, baik kodrat alam maupun kodrat zaman. Pada akhirnya seorang guru penggerak   harus selalu mendidik murid menjadi manusia yang baik,budi dan pekertinya. Serta tujuan akhir yang dicapai adalah memanusiakan manusia.

3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut? 

Untuk mencapai nilai mandiri, kolaboratif, berpihak pada murid, inovatif dan reflektif maka strategi yang saya lakukan adalah semangat untuk belajar, percaya diri tetap optimis dan terus membangun hubungan baik dengan pihak-pihak yang terlibat.

4.Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demo kontekstual tersebut? Seperti apa dari?

Pihak yang dapat membantu saya dalam mencapai nilai dan peran guru penggerak yaitu keluarga, kepala sekolah, dan rekan sejawat . Bagi saya keluarga memiliki peran yang sangat penting, karena semua hal dimulai dari rumah, selanjutnya sebagai pemangku jabatan tertinggi disekolah, kepala sekolah juga memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan nilai-nilai dan peran guru penggerak. Kemudian rekan sejawat, tanpa dukungan dan kolaborasi dengan rekan sejawat maka nilai dan peran guru penggerak tidak akan maksimal. 

Semoga bermanfaat.


 

1 komentar:

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA-BAHASA JAWA-KURMER-KELAS 9

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA   Mengutip jurnal Karakter dalam Preman, Antologi Cerkak Karya Tiwiek SA dan Implikasinya Te...