3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Nur Isnaeni/ CGP Angkatan 4
Kab. Magelang
Tugas:
1. Buatlah rancangan pengelolaan program yang berdampak untuk murid dengan melibatkan rekanguru di sekolah Anda dengan menerapkan semua pengetahuan yang telah diperoleh.
2. Program Sekolah Berdampak pada Murid yang akan dilakukan di SMP Negeri 3 Grabag, Kabupaten Magelang : “GEBER SPENAGRA”
GEBER SPENAGRA
Gerakan Berbagi SMP Negeri 3 Grabag
Arti berbagi yang diambil wikipedia adalah memberi atau menerima sesuatu dari barang, cerita, kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita, berbagi juga bisa kepada sesama, alam, dan setiap hal di bumi ini. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berbagi diartikan membagi sesuatu bersama.
Berbagi dapat dimaknai dengan sedekah jika berbagi yang lakukan dengan dasar kebaikan, memberikan manfaat, dan dilakukan dengan penuh ikhlas. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk berbagi sesuai yang kita miliki, misalnya berbagi sembako atau berbagi finansial untuk orang yang kurang mampu.
Selain meningkatkan ibadah, melakukan kebaikan terhadap sesama juga menjadi salah satu jalan untuk mengumpulkan lebih banyak pahala. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya berbagi dengan sesama. Meski terlihat sebagai sebuah aktivitas yang biasa, berbagi dengan sesama tetap akan memberikan kebahagiaan tersendiri untuk yang melakukannya. Dibutuhkan keikhlasan dan juga rasa tanggung jawab untuk bisa menjalankan aktivitas yang satu ini dengan baik. Selain mendapatkan pahala, berbagi dengan sesama seperti ini juga akan memberi banyak dampak positif di dalam kehidupan kita.
Berikut ini adalah beberapa dampak positif yang bisa kita dapatkan saat berbagi dengan sesama:
1. Lebih dihargai Orang Lain
2. Menumbuhkan Rasa Syukur
3. Mengurangi Rasa Stres
4. Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial
5. Menumbuhkan Rasa Persaudaraan
6. Menularkan Kebaikan Kepada Orang Lain
Berbagi dengan sesama merupakan kebiasaan baik yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Bukan hanya mendapatkan pahala saja, saling berbagi sesama ini juga akan memberikan banyak manfaat positif lainnya bagi yang melakukannya. Selalu sisihkan sebagian pengahasilan untuk orang yang membutuhkan. Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan, artinya berbagi itu tidak merugikan.
Jika di rata-rata sekitar lingkungan SMP Negeri 3 Grabag tergolong ekonomi menengah tetapi jika ditelusuri ada beberapa yang tergolong ekonomi rendah, dari keadaan tersebut kami CGP tergerak hati dan memiliki ide untuk menyusun rencana program sekolah yang berdampak pada murid yang kami beri nama GEBER SPENAGRA yaitu singkatan Gerakan Berbagi SMP Negeri 3 Grabag.
A. TUJUAN PROGRAM
Adapun tujuan progam GEBER SPENAGRA ( Gerakan Berbagi SMP Negeri 3 Grabag ) adalah :
1. Meningkatkan rasa keimanan dan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME.
2. Menumbuhkembangkan pemahaman kepada murid tentang pentingnya berbagi.
3. Memberikan kesempatan murid untuk berani berpendapat (Voice), memilih (Choice) dan mengelola program GEBER SPENAGRA (Ownership) secara mandiri.
4. Menciptakan kolaborasi antara murid, guru, komite dan masyarakat sekitar.
A.
RANCANGAN
TINDAKAN
DASAR FILOSOFI KHD |
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat). |
|||||
POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR
PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN |
Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid
akan mendorong murid
mengembangkan berbagai sikap-sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia. Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam
masyarakat yang lebih
luas. Mandiri. Menumbuhkembangkan
kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses
pembelajarannya sendiri. |
|||||
KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN |
Lingkungan yang memupuk
keimanan murid melalui kegiatan berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan dan mengembangkan sikap gotong royong. |
|||||
PRAKARSA PERUBAHAN |
GEBER SPENAGRA yaitu Gerakan Berbagi oleh siswa dan
dari siswa untuk masyarakat sekitar yang kurang mampu di SMP Negeri 3 Grabag |
|||||
TAHAPAN |
PERTANYAAN |
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN
UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN |
RENCANA UNTUK MELIBATKAN
SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID |
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI |
WAKTU YANG DIPERLUKAN |
PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI |
B-uat pertanyaan utama
(Define)
• Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi
kekuatan/potensi/ peluang; • Menggalang atau membangun koalisi
tim perubahan |
· Bagaimana kita dapat menumbuhkan rasa gotong royong siswa melalui
kegiatan berbagi? · Bagaimana memupuk keimanan siswa melalui
pemahaman pentingnya berbagi |
· Meminta ijin kepada kepala sekolah
selaku penanggung jawab segala program di sekolah · Diskusi bersama kepala
sekolah/rekan kerja bagaimana
program Gerakan berbagi dan mencari
referensi bagaimana program tersebut dapat berhasil
|
·
Melakukan sesi dialog dengan
perwakilan anak kelas
besar dan kecil untuk menguatkan ide di tahap awal ini |
·
Murid-murid ·
Rekan guru ·
Kepala sekolah ·
Perangkat desa sekitar ·
Komite |
2 hari |
CGP sendiri |
A-mbil pelajaran (Discover)
• Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat
investigasi; • Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei
individu, multi unsur |
·
Aktivitas apa saja yang menarik minat berbagi pada murid selama ini? · Apa yang murid sukai dalam
kegiatan berbagi kepada sesama? · Kebijakan sekolah yang
bagaimana yang mendukung kegiatan
berbagi kepada orang lain yang kurang mampu? |
·
Melakukan
Survei kepada siswa hal apa saja yang menjadi minat murid dalam kegiatan
berbagi? ·
Kolaborasi dengan semua guru, wali kelas dalam pelaksanaan program.
|
·
Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui
program berbagi yang menarik yang
dapat menguatkan relasi semua pihak? |
·
Orangtua murid ·
Murid-murid ·
Kebijakan sekolah ·
Dinas pendidikan, lembaga lain, dan
komunitas yang sudah
menjadi rekanan sekolah
dalam mendukung kegiatan berbagi tersebut. |
1 minggu |
CGP Wali kelas |
G-ali mimpi (Dream) • Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud; • Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama,
multi unsur (kapan, di mana,
siapa saja). |
·
Seperti apa bentuk kegiatan
berbagi yang menyenangkan sekaligus menguatkan relasi
antara kakak dan adik kelas? ·
Dampak positif
yang akan didapatkan jika program
ini terwujud dan berjalan baik? |
·
Menyediakan ruang dialog untuk murid di tiap jenjang
kelas membahas mimpi dan dampaknya dalam program ini. ·
Menyediakan ruang dialog
untuk guru, kepala
sekolah, orang tua perwakilan kelas membahas jawaban-jawaban murid. |
·
Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum
dari lebih banyak murid tentang
program berbagi sekaligus menguatkan interaksi sosial antara kakak dan adik kelas, masyarakat secara positif, arif, dan bijaksana. |
·
Orangtua murid ·
Murid-murid ·
Kebijakan sekolah ·
Dinas pendidikan, lembaga
lain, dan komunitas yang sudah menjadi
rekanan sekolah dalam
mendukung kegiatan berbagi. |
||
J-abarkan rencana (Design)
• Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan
untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan
segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian; • Menyusun definisi kesuksesan pencapaian (tujuan,
capaian, luaran) |
·
Kebijakan
sekolah seperti apa yang sudah ada (maupun yang belum ada) dapat menguatkan
program ini? ·
Bagaimana
program ini dapat masuk dalam jadwal keseharian di sekolah? ·
Bagaimana
kita mengetahui keberhasilan dari program berbagi ini? ·
Bagaimana
kita mengetahui interaksi antar kakak dan adik kelas menguat? |
·
Musyawarah
kerja bersama: murid, guru-guru, orangtua perwakilan kelas yang akan
menjabarkan ide/cara konkret untuk membahas 'pertanyaan' dan apa pun yang
dapat mendukung kegiatan berbagi murid
dan interaksi antar kakak-adik kelas, antara lain seperti: ·
Siapa
saja target dari berbagi ini? ·
Apa
kriteria penerima manfaat dari kegiatan tersebut? ·
Darimana
sumber dana yang digunakan? |
·
Komitmen
dari murid penting dalam pelaksanaan program ini dalam keseharian. ·
Mereka
dapat menentukan bagaimana cara berbagi
terbaik yang menarik dan menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat
difasilitasi untuk mengorganisasi proses penentuannya di antara mereka. |
·
Orangtua murid ·
Murid-murid ·
Kebijakan sekolah Dinas pendidikan, lembaga
lain, dan komunitas yang sudah menjadi
rekanan sekolah dalam
mendukung kegiatan berbagi. |
1-2 minggu |
CGP Wali kelas Murid yang mewakili kelasnya |
A-tur eksekusi (Deliver)
• Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam
pengambilan keputusan; • Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas
(misal: protokol, rutinitas, knowledge management, monev/refleksi) |
·
Siapa
(murid dan guru) yang bertanggung jawab memonitor agar kegiatan dapat
berjalan dengan menyenangkan dan berkelanjutan? ·
Siapa
yang dapat diajak mencari data penerima manfaat agar tepat sasaran?
|
·
Membentuk
kelompok kerja (Pokja) yang akan mengelola dukungan untuk kegiatan berbagi
dan interaksi antar kakak-adik kelas? |
·
Memberi
kesempatan murid untuk bermusyawarah sehingga memungkinkan murid untuk berkontribusi
aktif dalam proses pengambilan keputusan |
·
Orangtua murid ·
Murid-murid ·
Kebijakan sekolah Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi
rekanan sekolah dalam
mendukung kegiatan berbagi. |
1-2 minggu |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar