Kamis, 30 Juni 2022

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

NUR ISNAENI

CGP ANGKATAN 4 KABUPATEN MAGELANG

 

 

Tugas: 

1.      Buatlah rancangan pengelolaan program yang berdampak untuk murid dengan melibatkan rekanguru di sekolah Anda dengan menerapkan semua pengetahuan yang  telah diperoleh. 

2.      Program Sekolah Berdampak pada Murid yang akan dilakukan di SMP Negeri 3 Grabag, Kabupaten Magelang : “PROGRAM BBM (Bersih-Bersih Mushola-Masjid)”

 

PROGRAM BBM

Program Bersih-Bersih Masjid di lingkungan SMP Negeri 3 Grabag









Program Bersih-bersih Masjid merupakan salah satu program yang dimunculkan oleh CGP Program ini diinisiasi dengan keprihatinan kami dengan banyaknya masjid yang kurang terawat.

Kegiatan BBM dimulai dari kegiatan menyapu lantai, mengepel, menyedot debu karpet yg kotor sampai membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu yg cukup berkerak. Terkait teknis pelaksanaan yaitu terjadwal rutin untuk semua murid di sekolah.


A. TUJUAN PROGRAM 

1. Tujuan pertama program ini juga ikut membersihkan fasilitas penunjang di tiap masjid, semisal toilet atau kamar mandi. Seluruhnya akan dibersihkan, sehingga menghilangkan bau dan sampah yang mengotori.

2. Tujuan kedua program tersebut ialah menyemarakkan kebiasaan gotong-royong. Hal itu juga dapat meningkatkan silaturrahim di tengah masyarakat, khususnya saat proses membersihkan masjid bersama-sama berlangsung. 

3. Tujuan ketiga, harapannya program ini bisa meningkatkan iman dan takwa tiap warga. Sebab, kebersihan itu sebagian dari iman.


A.     RANCANGAN TINDAKAN


 

 

DASAR FILOSOFI KHD

 

 

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).

 

POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid mengembangkan berbagai sikap-sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.

Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid  untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

Mandiri. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses pembelajarannya sendiri.

 

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

 

 

Lingkungan yang memupuk keimanan murid melalui kegiatan bersih-bersih masjid dan mengembangkan sikap gotong royong dan peduli lingkungan.

 

 

 

PRAKARSA PERUBAHAN

 

 

 

Program BBM SPENAGRA yaitu Program Bersih-bersih Masjid di lingkungan SMP Negeri 3 Grabag

 

TAHAPAN

PERTANYAAN

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN  MURID

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

WAKTU YANG DIPERLUKAN

PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI

 

B-uat pertanyaan utama (Define)

 

• Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

 

· Bagaimana kita dapat menumbuhkan rasa gotong royong siswa melalui kegiatan peduli lingkungan dengan bersih-bersih masjid?

· Bagaimana memupuk keimanan siswa melalui pemahaman pentingnya kegiatan peduli lingkungan dengan bersih-bersih masjid?

 

· Meminta ijin kepada kepala sekolah selaku penanggung jawab segala program di sekolah

· Diskusi bersama kepala sekolah/rekan kerja bagaimana program Bersih-bersih masjid dan mencari referensi bagaimana program tersebut dapat berhasil

 

 

 

· Melakukan sesi dialog dengan perwakilan anak kelas besar dan kecil untuk menguatkan ide di tahap awal ini

 

 

· Murid-murid

· Rekan guru

· Kepala sekolah

· Marbot masjid

· Komite

 

 

 

 

2 hari

 

 

 

 

CGP sendiri

 

A-mbil pelajaran (Discover)

 

Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi;

Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

·  Aktivitas apa saja yang menarik minat peduli lingkungan pada murid dari kegiatan bersih-bersih masjid?

·  Apa yang murid sukai dalam kegiatan peduli lingkungan pada murid dari kegiatan bersih-bersih masjid?

·  Kebijakan sekolah yang bagaimana yang mendukung kegiatan peduli lingkungan dari kegiatan bersih-bersih masjid?

 

·  Melakukan Survei kepada murid  hal apa saja yang menjadi minat murid dalam kegiatan bersih-bersih masjid

·  Kolaborasi dengan semua guru, wali kelas dalam pelaksanaan program.

 

·     Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui teknis program bersih-bersih masjid yang menarik dan menyenangkan.

 

 

·     Orangtua murid

·     Murid-murid

·     Kebijakan sekolah

·     Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung kegiatan bersih-bersih masjid tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 minggu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CGP

Wali kelas

 

G-ali mimpi (Dream)

Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).

 

· Seperti apa bentuk kegiatan bersih-bersih masjid yang menyenangkan dan menarik ?

· Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?

 

· Menyediakan ruang dialog untuk murid di tiap jenjang kelas membahas mimpi, harapan dan dampaknya dalam program ini.

·  Menyediakan ruang dialog untuk guru, kepala sekolah, orang tua perwakilan kelas terkait dampak dari pelaksanaan program tersebut.

 

·      Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum dari lebih banyak murid tentang program bersih-bersih masjid.

·     Orangtua murid

·     Murid-murid

·      Kebijakan sekolah

·     Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung kegiatan bersih-bersih masjid.

 

 

 

 

J-abarkan rencana (Design)

 

• Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan

pencapaian;

• Menyusun definisi kesuksesan pencapaian (tujuan, capaian, luaran)

·     Kebijakan sekolah seperti apa yang sudah ada (maupun yang belum ada) dapat menguatkan program ini?

·     Bagaimana program ini dapat masuk dalam program kontinu di sekolah?

·     Bagaimana kita mengetahui keberhasilan dari program bersih-bersih masjid ini?

 

 

· Musyawarah kerja bersama: murid, guru-guru, orangtua perwakilan kelas yang akan menjabarkan ide/cara konkret untuk membahas 'pertanyaan' dan apa pun yang dapat mendukung kegiatan bersih-bersih masjid, antara lain seperti:

· Masjid dan mushola mana yang akan menjadi sasaran kegiatan?

· Sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut?

· Darimana  sumber dana yang digunakan untuk kelengkapan sarana dan prasarana dalam kegiatan tersebut?

 

· Komitmen dari murid penting dalam pelaksanaan program ini dalam keseharian.

· Mereka dapat menentukan bagaimana cara berbagi  terbaik yang menarik dan menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat difasilitasi untuk mengorganisasi proses penentuannya di antara mereka.

 

·     Orangtua murid

·     Murid-murid

·     Kebijakan sekolah Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung kegiatan bersih-bersih masjid.

 

 

1-2 minggu

 

 

CGP

Wali kelas

Murid yang mewakili kelasnya

A-tur eksekusi (Deliver)

 

• Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

• Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: protokol, rutinitas, knowledge management, monev/refleksi)

 

· Siapa (murid dan guru) yang bertanggung jawab memonitor agar kegiatan dapat berjalan dengan menyenangkan dan berkelanjutan?

· Siapa yang dapat diajak mencari data penerima manfaat agar tepat sasaran?

 

 

 

· Membentuk kelompok kerja (Pokja) yang akan mengelola dukungan untuk kegiatan bersih-bersih masjid.

 

 

· Memberi kesempatan murid untuk bermusyawarah sehingga memungkinkan murid untuk berkontribusi aktif dalam teknis pelaksanaan program tersebut.

 

·     Orangtua murid

·     Murid-murid

·      Kebijakan sekolah Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung kegiatan bersih-bersih masjid.

 

 

 

 

 

1-2 minggu




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA-BAHASA JAWA-KURMER-KELAS 9

PENGERTIAN CERKAK, CIRI, DAN UNSUR-UNSURNYA   Mengutip jurnal Karakter dalam Preman, Antologi Cerkak Karya Tiwiek SA dan Implikasinya Te...